Articles

6 Cara Jitu Menciptakan Rumah Sehat

Gaya hidup sehat bagi masyarakat di kota besar sekarang ini sudah menjadi keharusan. Kegiatan luar biasa padat ditambah dengan kondisi udara yang semakin buruk merupakan salah satu alasan kita harus hidup sehat. Hal ini bisa dimulai dari mengatur pola makan, mengatur jam istirahat, olahraga yang teratur dan pola hidup sehat lainnya. Selain hidup sehat dari dalam diri sendiri, desain rumah yang sehat juga bisa berpengaruh pada kesehatan tubuh dan jiwa kamu.

Desain rumah yang sehat dengan memperhatikan elemen-elemen yang juga dapat meningkatkan pola hidup sehat yang sudah kamu jalani. Hal ini penting karena rumah merupakan tempat menghabiskan cukup banyak waktu di dalamnya. Maka dari itu sangatlah penting untuk menciptakan rumah dan lingkungan yang sehat, agar kamu terhindar dari penyakit. Lalu bagaimana sih cara menciptakan rumah sehat? Yuk ikutin tips dari kita!

1. Pastikan rumah memiliki pencahayaan yang baik

Rumah yang sehat memiliki pencahayaan yang baik. Pencahayaan yang harus dimiliki rumah sehat ada 2 tipe yaitu pencahayaan buatan dari lampu dan pencahayaan alami dari paparan sinar matahari.

Pastikan setiap ruangan memiliki jendela ataupun skylight untuk memaksimalkan pencahayaan natural. Sedangkan untuk pemanfaat waktu, pastikan ruang-ruang di mana kamu akan banyak menghabiskan waktu, memiliki pencahayaan lampu yang optimal.

2. Sediakan sirkulasi udara & ventilasi yang baik

Rumah yang sehat tentunya harus memiliki sirkulasi dan ventilasi udara yang baik, karena jika tidak, maka udara yang ada di dalam ruangan akan menjadi pengap dan pernapasan menjadi terganggu.

Pastikan rumah kamu memiliki bukaan ventilasi yang cukup, agar udara didalam rumah bisa dapat berganti. Apabila memungkinkan optimalkan penghawaan alami dan mengurangi penggunaan AC. Ini bisa membawa dampak positif bagi kesehatan dan kenyamanan penghuni.

Salah satu cara mengoptimalkan sirkulasi udara secara alami adalah arah jendela sebaiknya menghadap selatan dan utara, supaya tidak terkena matahari langsung, tapi udara tetap bisa mengalir dengan baik.

3. Sediakan pengolahan limbah & sampah yang memadai

Sampah tidak terlepas dari kehidupan sehari-sehari, dan ini harus menjadi perhatian khusus karena penanganan yang tidak baik berdampak buruk juga bagi kesehatan. Berikut hal yang harus kamu lakukan agar rumahmu sehat dan terhindar dari efek buruk tumpukan sampah.

- Sediakan tempat sampah di setiap ruangan, seperti di kamar, ruang tamu, dapur dan ruang lainnya.

- Pastikan tempat sampah tersebut memiliki penutup untuk mencegah adanya kuman, penyakit dan bau yang menyebar ke    seluruh ruangan.

- Jangan biarkan sampah menumpuk, buanglah sampah pada pembuangan utama di luar rumah setiap hari.

- Jangan lupa mencuci tempat sampah minimal 3 hari sekali.

4. Bersihkan perabotan rumah secara berkala

Selain rutin membersihkan rumah, untuk menciptakan rumah yang sehat, kamu juga harus rajin membersihkan perabotan dan juga furniture secara berkala. Hal tersebut juga untuk mengantisipasi timbulnya penyakit. Misalnya saja perabotan berdebu, bisa saja itu membuat kamu bersih-bersin dan alergi. Maka dari itu jagalah semua kebersihan rumah kamu!

5. Sediakan area untuk taman/ tanaman hijau

Salah satu ciri memiliki rumah sehat adanya area hijau di dalam ataupun di luar rumah. Adanya tanaman di dalam rumah dapat membantu kita bernapas, karena tanaman mengeluarkan oksigen. Hanya saja perlu diperhatikan hanya ada beberapa tanaman yang baik untuk di dalam rumah, antara lain anggrek dan tanaman jenis kaktus. Karena tanaman ini tetap menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen walaupun pada malam hari.

Apabila ada area lebih di luar rumah untuk dibuat taman. Sekarang ini tidak butuh lahan yang luas untuk taman di depan rumah. Kamu bisa dengan mudah browsing ide untuk taman di lahan terbatas. Selain mempercantik rumah, taman juga memberikan keseimbangan terhadap keseluruhan bangunan rumah. Atau kamu mau punya taman yang bisa menghasilkan? Kamu bisa menanam tanaman buah ataupun tanaman herbal. Pasti seru, minum teh jahe yang jahenya masih fresh dari depan rumah!

Kalau sama sekali tidak punya area di tanah untuk taman, jangan khawatir, kamu bisa juga menaruh pot-pot tanaman yang di gantung di depan rumah. Warna hijau dari pepohonan itu akan menjadikan rumah kamu tampak terlihat lebih sejuk dan segar.

6. Gunakan air purifier untuk kebersihan udara

Kebersihan udara tentunya juga menjadi hal penting penting juga untuk kesehatan kamu. Apalagi kalau kamu tinggal di daerah Jakarta yang udaranya terkenal dengan polusi. Udara yang buruk tidak hanya di timbulkan dari polusi, namun bisa juga dari debu-debu yang ada di ruangan rumah. Penggunaan air purifier juga baik apabila penghuni rumah ada yang memiliki penyakit asma.

Jadi kalau kamu ingin hidup sehat pastikan lingkungan sekitarmu juga sehat! Maka dari itu mulailah dengan menciptakan rumah yang sehat. Ingat kebersihan pangkal kesehatan! Semoga sehat selalu sobat KPR!

Articles - Menu

Yuk ikutan mailing list KPR Academy

Thank you! Your submission has been received!

Oops! Something went wrong while submitting the form