Frequently Ask Questions (FAQ)

Apa yang dimaksud dengan KPR ?

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah fasilitas pembiayaan atau pinjaman yang diberikan oleh Lembaga Jasa Keuangan (LJK) kepada orang yang hendak melakukan pembelian rumah, dimana nilai pembiayaan yang diberikan LJK diberikan hingga batasan persentase tertentu dari harga rumah atau properti berdasarkan nilai appraisal.

Apa yang dimaksud dengan KPA ?

Sama seperti KPR, hanya saja properti yang dijaminkan adalah unit apartemen yang dibeli.

Lembaga Jasa Keuangan (LJK) apa saja yang menyediakan KPR ?

Untuk kondisi saat ini, KPR di Indonesia kebanyakan disediakan oleh LJK industri perbankan, namun sudah mulai ada beberapa perusahaan pembiayaan (multifinance) dan juga peer to peer lending yang turut memberikan fasilitas pembiayaan.

Apa yang dimaksud dengan KPR Subsidi ?

KPR Subsidi adalah fasilitas pembiayaan atau pinjaman KPR yang khusus diperuntukkan bagi kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), dimana ketentuan dan persyaratannya ditentukan oleh Pemerintah melalui Badan Layanan Umum (BLU) yang bernama Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP).

Apa yang dimaksud dengan KPR Take Over ?

KPR Take Over adalah pemindahan atas fasilitas pinjaman rumah yang saat ini sedang berjalan di satu bank ke bank lainnya. Biasanya alasan orang melakukan take over adalah karena tawaran bunga yang lebih rendah dibandingkan dengan yang didapat dari bank sebelumnya.

Jenis property apa saja yang bisa dibiayai dengan fasilitas pinjaman KPR ?

Umumnya LJK hanya menerima jaminan yang berbentuk rumah, ruko / rukan dan apartemen. Namun dalam kondisi tertentu ada kalanya jaminan berupa tanah kosong ataupun kios juga dapat diberikan pembiayaan.

Apa saja persyaratan untuk mengajukan KPR ?

Persyaratan pada umumnya adalah:

  • Warga Negara Indonesia
  • Sudah cakap hukum
  • Memiliki sumber penghasilan rutin
  • Berprofesi sebagai karyawan / wiraswasta / professional dengan pengalaman sekurangnya 2 (dua) tahun
  • Properti yang dibeli masuk dalam kategori marketable dari sudut pandang LJK
Apa saja dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan KPR ?

Dokumen yang dipersyaratkan bisa saja berbeda antara satu LJK dengan LJK lainnya, namun secara umum dokumen yang harus disediakan antara lain:

-       Dokumen Pribadi
  1. Copy KTP diri sendiri dan pasangan (bila status menikah)
  2. Copy surat nikah (bila sudah menikah) / akta cerai (bila bercerai)
  3. Copy Kartu Keluarga
  4. Copy NPWP
  5. Asli surat keterangan kerja / keterangan penghasilan
  6. Copy ijin praktek profesi (khusus professional)
  7. Copy legalitas usaha (khusus wiraswasta)
-       Dokumen Finansial
  1. Asli slip gaji
  2. Copy rekening koran 3 bulan terakhir (bisa saja dimintakan periode yang lebih panjang)
  3. Copy SPT PPh 21
  4. Copy laporan keuangan periode tertentu (khusus wiraswasta)
-       Dokumen Jaminan
  1. Copy sertipikat (SHM / SHGB / strata title)
  2. Copy IMB
  3. Copy PBB tahun terkini
Mengapa saya perlu mengajukan KPR melalui KPR Academy ?

Karena pengajuan KPR melalui KPR Academy lebih mudah, kamu tinggal isi form sesuai dengan informasi yang diminta, selanjutnya KPR Academy yang akan meneruskan permohonanmu ke bank pilihanmu atau ke bank yang direkomendasikan (bila kamu belum memiliki preferensi bank). Kami selalu siap membantumu selama proses kredit berlangsung, jadi bila ada hal yang kurang jelas atau terdapat kendala di dalam proses kredit, kami bisa segera membantumu untuk memberikan informasi terpercaya atau untuk memberikan rekomendasi alternative solusi bagi masalah yang kamu hadapi.

Berapa lama proses KPR melalui KPR Academy ?

Durasi / jangka waktu proses KPR sepenuhnya tergantung dari tingkat kecepatan proses maupun kondisi jumlah aplikasi KPR yang sedang diproses di bank rekanan, namun sebagai gambaran estimasi waktu dari dokumen lengkap diajukan hingga keputusan KPR diberikan bisa berkisar 1 – 2 minggu (kondisi normal) dan estimasi total proses keseluruhan dari awal dokumen lengkap diajukan hingga akad kredit dan pencairan fasilitas) bisa berjalan antara 1 – 2 bulan (tergantung pada ketersediaan jadwal akad notaris, pihak bank, pihak penjual dan kamu sebagai pembeli).

Apakah saya bisa menghitung estimasi angsuran saya di KPR Academy ?

Ya, kamu bisa melakukan perhitungan estimasi angsuran melalui menu Simulasi disini.

Apakah saya bisa berkonsultasi dengan KPR Academy atas fasilitas KPR saya yang sedang berjalan saat ini ?

Ya, kamu bisa berkonsultasi dengan KPR Academy terkait fasilitas KPR-mu yang sedang berjalan dan juga tentang segala hal terkait KPR yang mau kamu ketahui. Cukup gunakan menu konsultasi yang ada di website www.kpracademy.com.

Saat ini saya belum mau mengajukan KPR, tapi saya butuh informasi tentang KPR supaya pada saat nanti mau mengajukan saya sudah ada gambaran lebih. Saya harus bagaimana ya ?

Di www.kpracademy.com kami menyediakan e-book KPR 101 yang dapat kamu unduh secara gratis. Di dalam e-book tersebut terdapat pengetahuan dasar seputar KPR yang penting untuk kamu ketahui lebih lanjut supaya di saat mengajukan KPR kamu sudah lebih siap.

Saat ini saya sedang mempertimbangkan untuk melakukan take over fasilitas KPR, sebaiknya bagaimana ya ?

Kamu bisa mengisi form berikut untuk pengajuan yang nantinya akan di review oleh team expert dari KPR Academy. Rekomendasi yang nantinya bisa kamu dapatkan antara lain:

  • Direkomendasikan untuk take over ke Bank xxx dimana estimasi penghematan kamu akan sebesar Rp yyy (dalam hal tidak dilakukan perpanjangan jangka waktu ataupun top up fasilitas).
  • Tidak direkomendasikan, karena penghematan yang didapat nilainya relatif kecil atau malah tidak menghemat sama sekali.
Tercatat di OJK
No. S-99/MS.72/2019
Member of