Uang Gaji Habis tapi Rekening Tidak Tipis

Mengelola keuangan atau memiliki perencanaan keuangan adalah hal yang sangat penting. Tujuannya adalah untuk mengatur atau mengalokasikan ke mana perginya uangmu. Terutama untuk kamu para milenial sekarang ini yang memiliki gaji tinggi tapi gengsi ga kalah tingginya.

“Gajian” adalah kata sakti yang selalu kamu tunggu setiap bulannya. Pasti kamu sering sekali mengeluhkan “baru gajian udah abis aja” atau “gaji gue cuma 7 koma, lewat tanggal 7 udah koma alias dompet tipis”. Setelah menerima gaji langsung deh berasa kaya, ga lama berselang langsung seperti dihempaskan ke bumi.

Banyak sekali milenial saat ini tidak menyadari ke mana sebenarnya uang itu kamu gunakan. Boleh saja sih menghabiskan hasil gajimu selama satu bulan, tapi pastikan kamu menghabiskannya untuk keperluan produktif juga.

Yuk simak tips menghabiskan gaji tanpa sisa yang produktif ala KPR Academy:

1.  Kebutuhan Pokok

Sisihkan sekitar 40% untuk kebutuhan pokok, artinya kebutuhan pokok di sini merupakan kebutuhan sehari-hari yang memang wajib kamu penuhi. Misalnya makan sehari-hari, biaya tagihan listrik, tagihan air, transportasi, pulsa/internet dan jangan lupa pula untuk rekreasi alias hang out masuk dalam pos ini ya.

Nah, dari alokasi 40% dari gajimu itu, yang harus kamu lakukan adalah buat list lebih terinci dari yang kebutuhan utama sampai kebutuhan untuk hang out/rekreasi.

2.  Cicilan Produktif

Kemudian yang kedua adalah sisihkan 30% untuk pengeluaran produktif. Apa sih maksudnya? Maksudnya pengeluaran produktif adalah pengeluaran atau cicilan yang kamu gunakan untuk hal yang memang menjadi salah satu kebutuhanmu untuk saat ini maupun ke depannya. Misalnya untuk sewa rumah/kontrakan, cicilan rumah atau menabung untuk DP Rumah. Menabung untuk DP rumah penting nih. Jangan karena belum kepikiran untuk beli rumah, maka kamu tidak mempersiapkannya. Kamu pasti tahu kan, kalau harga rumah itu cenderung naik setiap tahunnya. Jadi lebih baik kamu persiapkan diri dari sekarang, sehingga disaat kamu sudah memiliki rencana beli rumah, kamu bisa segera realisasikan rencana tersebut. Selain itu, sebenarnya disini kamu juga bisa masukin pos untuk belajar / kursus ataupun untuk beli buku yang dapat membantu pengembangan dirimu lebih lagi sehingga dengan meningkatnya kapasitas kamu…diharapkan dapat mendukung perkembangan karir atau usaha yang sedang kamu tekuni.

3.  Investasi atau kebutuhan jangka panjang

Pengeluaran berikutnya yang tak kalah pentingnya adalah 20% dari gajimu gunakanlah untuk masa depanmu. Misalnya seperti untuk biaya asuransi, tabungan dana darurat dan investasi jangka panjang. Hal itu sangat diperlukan untuk mengantisipasi semua hal buruk yang mungkin bisa terjadi kapanpun.

Terutama investasi, kamu harus mulai mencari tau dan menemukan investasi yang tepat untuk kamu di masa depan. Saat ini ada banyak ragam investasi yang menyasar target millenial, mulai investasi saham pada perusahaan terbuka, reksadana, logam mulia (emas) yang bisa diperoleh dengan nominal yang sangat terjangkau, hingga kepemilikan tanah & bangunan dengan adanya dukungan produk KPR bank khusus untuk milenial.

4. Amal / Donasi

Pengeluaran terakhir yang merupakan hal penting juga adalah beramal atau donasi. Jangan lupa sisihkan 10% dari gajimu untuk beramal. Kebutuhan yang banyak dengan gaji yang pas-pasan seringkali membuat kamu ragu untuk melakukan aktivitas ini, namun kamu perlu tau bahwa gaji yang kamu peroleh saat ini di dalamnya ada hak orang lain yang membutuhkan.

Dengan melakukan aktivitas beramal atau donasi bisa membuat kamu mengerti arti kekurangan. Misalnya saja dengan kondisi gajimu saat ini kamu masih merasa belum cukup, namun coba bayangkan orang lain yang memiliki kondisi di bawahmu, pasti kamu bisa merasakan rasanya kekurangan sehingga membuat kamu tergerak untuk membantu mereka. Yang pasti beramal tidak akan membuat kamu jatuh miskin. Justru kamu bisa semakin diberkati.

Well itu tadi tips menghabiskan gaji tanpa sisa yang produktif ala KPR Academy yaa… Dengan menerapkan tips ini, meskipun gajimu habis tapi terarah untuk hal yang produktif dan berguna untuk di kemudian hari. So, jangan ragu untuk menghabiskan uangmu untuk hal yang produktif ya Sobat KPR! 😉

Articles - Menu
Tercatat di OJK
No. S-99/MS.72/2019
Member of