Articles

Musim Hujan Tiba. Pastikan 8 Hal di Bawah Ini Dalam Kondisi Aman!

Sudah masuk akhir tahun nih. Sudah siap menyambut musim hujan? Derasnya hujan dan kencangnya angin bisa saja menimbulkan permasalahan bukan hanya untuk kesehatan tapi  juga rumah kamu. Selain waspada banjir, hal yang harus diwaspadai saat musim hujan adalah terjadinya kebocoran atap rumah, pohon tumbang dan permasalahan lain yang mungkin akan ditimbulkan.

Ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan agar rumah kamu tetap nyaman dihuni meskipun musim hujan tiba. Apa saja sih?

1. Cek Kondisi Atap Rumah

Kebocoran adalah salah satu masalah yang sangat sering dialami saat musim hujan tiba. Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut sebaiknya kamu melakukan pengecekan terhadap atap rumah. Pastikan posisi genteng tidak berantakan dan bila ada yang bergeser atau retak, segeralah untuk memperbaiki atau menggantinya. Apabila atap rumah kamu dicor beton, sangat dianjurkan untuk menggunakan pelapis anti bocor yang perlu dilapisi dengan serat fiber dahulu. Pelapis ini elastis dan kuat menahan kebocoran.

2. Periksa dan Bersihkan Saluran Air

Salah satu penyebab banjir adalah tersumbatnya saluran air. Periksa dan bersihkan saluran air secara berkala, jangan sampai ada sampah atau lumpur yang mengendap karena bisa menyebabkan penyumbatan yang bisa menyebabkan banjir. Kalo sudah banjir, bisa jadi rumah kamu juga akan tergenang. Dan jangan lupa juga untuk mengecek talang air, bersihkan juga talang air agar kotoran tidak menyumbatnya.

3. Pangkas Tanaman di Sekitar Rumah

Hujan menjadikan tanaman menjadi lebih cepat tumbuh subur dan rimbun. Namun hati-hati karena tanaman yang rimbun bisa menjadi sarang nyamuk atau serangga lainnya. Selain itu tanaman atau pohon besar sangat berisiko tumbang. Untuk mengantipasi itu terjadi, saat langit masih cerah pastikan tanaman atau pohon sekitar rumahmu sudah kamu pangkas ya!

4. Perhatikan Keadaan Dinding

Hujan yang disertai angin kencang bisa menyebabkan dinding rumah kamu menjadi semakin lembab. Air yang merembes pada dinding mungkin tidak terlalu jadi masalah saat kejadian, tapi perlu kamu tahu bahwa rembesan tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada material rumah, dinding menjadi kotor dan nampak tidak terawat. Untuk dinding eksterior gunakan cat pelindung cuaca (weather shield) sebagai lapisan pelindung terhadap jamur di luar ruangan.

5. Perhatikan Jaringan Listrik

Hal yang tak kalah pentingnya adalah perihal jaringan listrik, yang sebenarnya amat penting namun sering kali luput dari perhatian. Dinding yang lembab akibat hujan deras bisa jadi berpengaruh pada kabel atau alat elektronik yang ada di dalam rumahmu.

Jauhkan perangkat elektronik dari dinding, khususnya titik-titik rawan yang mengalami kebocoran atau rembesan air. Pastikan tidak ada kabel listrik yang rapuh atau terkelupas karena hal tersebut bisa menyebabkan korsleting. Segera ganti bila ternyata ada masalah pada jaringan listrik kamu. Kabel listrik yang sudah rapuh dan terkelupas akan meningkatkan risiko terjadinya korsleting dan kebakaran.

Bicara soal jaringan listrik, saat musim hujan tiba biasanya rentan sekali terjadi pemadaman listrik. Nah, menyambut musim hujan ini, tidak ada salahnya sobat KPR juga untuk menyiapkan senter atau lilin ya!

6. Lantai

Pastikan tinggi lantai rumah lebih tinggi daripada teras. Saat musim hujan, kadang kala saat hujan deras dalam waktu yang panjang, air bisa lebih cepat menggenang. Kamu bisa menyiasatinya dengan membuat lantai rumah lebih tinggi dari lantai teras, sehingga air tidak akan masuk ke rumah.

7. Sediakan Vitamin dan Obat-obatan

Musim hujan tiba, membuat kita rentan sekali terhadap penyakit. Maka dari itu jangan lupa untuk minum vitamin dan jaga pola makan ya! Jangan lupa juga untuk menyediakan stok obat di rumah!

8. Persediaan makanan dan cemilan

Nah hal terakhir yang perlu diperhatikan yaitu persediaan makanan dan cemilan. Apalagi kalau sedang hujan, order makanan lewat ojek online bisa sering dicancel kan? Jadi saat musim hujan buat kamu yang merasa mager atau malas untuk bepergian, pastikan persediaan makanan dan cemilan kamu aman ya! Dan gunakan kesempatan ini untuk berkumpul bersama keluarga di rumah.

Well, dengan memperhatikan hal di atas, saat musim hujan tiba kamu akan lebih tenang, rumah akan terasa lebih nyaman dan terhindar dari hal-hal yang merugikan. Oiya selain 8 hal di atas, jangan lupakan juga untuk selalu siap sedia dengan payung atau jas hujan ya! Agar kamu tidak kebingungan saat berada di perjalanan.

Articles - Menu

Yuk ikutan mailing list KPR Academy

Thank you! Your submission has been received!

Oops! Something went wrong while submitting the form