Liburan Akhir Tahun Tenang Karena Rumah Sudah Dicover Asuransi

Bulan Desember, sobat KPR pasti sudah siap dengan rencana liburan akhir tahun kan? Atau justru sudah direncanakan sejak pertengahan tahun karena berburu tiket promo? Pastinya momen liburan akhir tahun sudah ditunggu-tunggu kan? Liburan seharusnya menjadi penghilang stress dan kepenatan setelah bekerja selama 1 tahun, pastinya harapan kamu bisa pergi ke suatu tempat yang memorable.

Liburan akhir tahun pasti tidak hanya cukup sehari dua hari, mungkin kamu bisa saja menghabiskan 1-2 minggu. Hal tersebut pun membuat kamu akan meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama. Seringkali timbul rasa khawatir dan jadi kepikiran, yang menjadikan liburan akhir tahun kamu malah ga tenang. Bagaimana tidak, karena rumah merupakan salah satu asset yang bernilai tinggi, untuk mendapatkannya saja dibutuhkan usaha yang keras.

Terus gimana dong? Ga mungkin kan kalau harus batalin liburan? Semuanya sudah kamu rencanakan sejak lama. Nah, supaya liburan tenang ninggalin rumah, pastikan rumah/properti kamu sudah dicover asuransi ya!

Rumah ada asuransinya? Yapss meskipun asuransi rumah ini tidak sepopuler asuransi kesehatan dan asuransi jiwa, tapi ini juga sama pentingnya lho Sob!

Apa sih asuransi rumah itu?

Asuransi rumah merupakan asuransi yang memberikan perlindungan atau pertanggungan atas risiko/kerugian yang bisa terjadi pada rumah kamu. Ini tidak bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma, sebagai gantinya kamu wajib membayar premi asuransi sesuai isi polis.

Yaa kamu kan ga akan pernah tau kapan bencana buruk akan menimpa, ya amit-amit misalnya kamu lagi liburan ternyata ada kebakaran di area rumah, kamu ga mau kan kehilangan rumah sia-sia? Nah asuransi rumah ini menjadi solusi, karena pihak asuransi ini akan memberi pertanggungjawaban segala kerugian yang kamu tanggung semisal terjadi apa-apa dengan rumah kamu. Sehingga kamu bisa liburan dengan tenang!

Jenis-jenis Asuransi Rumah?

Asuransi rumah ini dikelompokkan menjadi dua jenis, antara lain:

1.     Property All Risk

Asuransi ini menanggung segala bentuk kerugian secara menyeluruh. Jenis ini memberikan jaminan terhadap seluruh risiko yang terjadi pada harta benda yang dipertanggungkan kecuali akibat perang, terorisme, nuklir dan radioaktif, kerusakan karena kesengajaan dan masih banyak lagi.

Sedangkan jaminan yang dapat diberikan oleh jenis asuransi properti ini adalah risiko yang timbul akibat:

-      Tindakan kriminalitas seperti pencurian, pembongkaran paksa, kerusakan oleh orang ketiga, kerusuhan, huruhara atau

        tindakan lain yang bisa membuat rumah kamu mengalami kerusakan.

-      Bencana alam seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi, pergerakan tanah, gunung berapi, tsunami dan bencana lainnya

-      Tertabrak kendaraan yang bukan milik pribadi

2.     Polis Standard Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI)

Berbeda halnya dengan asuransi yang pertama, asuransi properti ini merupakan polis standar yang dikeluarkan oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) sebagai asuransi kebakaran. Manfaatnya untuk perlindungan pada harta benda yang disebabkan oleh:

-      Kebakaran yang terjadi akibat ketidak sengajaan, menjalarnya api atau korsleting listrik

-      Tersambar petir

-      Terkena ledakan atau kejatuhan pesawat terbang

-      Akibat asap

Sedangkan resiko seperti kerusuhan, bencana alam banjir, badai, tanah longsor, kemalingan, tidak ditanggung oleh asuransi properti jenis ini.

Masing-masing asuransi di atas memiliki premi yang berbeda. Semakin banyak jaminan yang mau kamu cover / pertanggungkan, maka jumlah premi yang harus kamu bayarkan pun semakin besar.

Pilihlah asuransi sesuai kebutuhan kamu dan sebelum menentukan pilihan, pastikan kamu paham betul mengenai produknya, jumlah premi yang harus dibayarkan dan tata cara untuk mendapatkan klaim atas asuransi tersebut. Satu hal yang paling utama, kamu harus memilih perusahaan asuransi yang memiliki kredibilitas dan reputasi yang baik. Hal ini akan berhubungan dengan jaminan layanan yang nantinya akan kamu terima. Nah, jadi dengan adanya asuransi rumah ini kamu bisa pergi liburan akhir tahun dengan keadaan dan pikiran yang lebih tenang ya Sob! Selamat berlibur! 😉

Articles - Menu
Tercatat di OJK
No. S-99/MS.72/2019
Member of