Articles

Lajang Punya Rumah Sendiri?
Atau Tunggu Nikah Baru Punya Rumah?

Kira-kira kapan ya bisa punya rumah sendiri? Kapan sih waktu yang tepat punya rumah sendiri? Mungkin pertanyaan seperti ini pernah sesekali  terlintas di benakmu bukan?

Bisa saja hal ini dikarenakan masih adanya keraguan, misalnya karena tidak ingin berpisah dengan orang tua, takut tidak bisa bisa menikmati hidup karena harus membayar cicilan KPR dalam kurun waktu yang cukup lama, takut tinggal sendirian dan alasan-alasan lainnya untuk menunda punya rumah sendiri.

Setiap orang memiliki kondisi yang berbeda-beda baik secara finansial maupun latar belakang keluarga. Namun sudah sepatutnya kamu sendiri mulai menentukan kapan waktu yang tepat punya rumah sendiri. Bisa dibilang sebenarnya sekarang pun adalah waktu yang tepat untuk punya rumah sendiri, asalkan semua direncanakan dengan sebaik mungkin.

Bagi sebagian anak yang masih tinggal bersama orang tua pasti berpikir “ngapain punya rumah sendiri toh masih bisa tinggal sama orang tua”. Coba tepis pemikiran seperti itu! Membeli rumah tidak hanya untuk tempat tinggal kok, bisa juga kamu jadikan sebagai investasi jangka panjang. Selagi belum menempatinya sendiri, mungkin kamu bisa menyewakannya terlebih dahulu. Nah, setelah menikah kan kamu bisa tuh langsung menempatinya sama pasangan.

Rumah memang merupakan sebuah investasi jangka panjang, yang bilamana kamu membelinya dengan KPR itu tentu akan sangat mempengaruhi keuanganmu. Maka dari itu, hal ini perlu dipikirkan dengan matang agar keuanganmu tetap stabil dan tidak berantakan.

Lalu, kapan waktu yang tepat punya rumah sendiri? Saat masih lajang kah? Atau saat sudah menikah? Baca ulasan berikut untuk menjadi bahan pertimbanganmu!

Punya Rumah Sendiri Saat Masih Lajang?

Sejak dulu, dalam budaya yang berlaku di Indonesia, punya rumah sendiri sebelum menikah menjadi prinsip yang cukup kuat dan masih dipegang sampai saat ini. Bagi generasi yang lebih tua, punya rumah sendiri sebelum memutuskan untuk menikah, menjadi salah satu tanda kesiapan seseorang untuk memasuki rumah tangga. Khususnya bagi para laki – laki, menunjukkan bahwa mereka sudah mampu bertanggung jawab atas papan bagi keluarganya.  

Namun seiring perkembangan jaman, prinsip “beli rumah dulu, baru beli cincin” tidak lagi berlaku. Punya rumah sendiri tidak lagi menjadi prioritas sebelum seseorang menikah. Bahkan terkadang punya rumah sendiri justru malah bisa menjadi “beban” bagi generasi muda saat ini.

Beban yang dimaksud tidak lain ya beban finansial. Bagi generasi muda, punya rumah sendiri akan menambah beban pikiran, seperti harus membayar cicilan, belum siap bila harus membereskan rumah sendiri, hingga takut tinggal sendirian.

Hal yang harus kamu pertimbangkan, selain menambah nilai kemapanan kamu di mata calon mertua, punya rumah sendiri saat masih lajang bisa melatih kamu untuk disiplin menabung sejak awal, harga rumah belum naik, masih muda sudah punya aset dan mumpung beban finansial belum besar. Gimana, tertarik punya rumah sendiri saat masih lajang?

Baca: Milenial bisa punya rumah! Siapkan dananya dengan 7 langkah berikut.

Punya Rumah Sendiri Saat Setelah Menikah?

Ada pula yang berpikir untuk menunda pembelian rumah hingga menikah. Padahal apabila kita mengambil KPR, masa cicilan hingga puluhan tahun lho! Lalu bagaimana bila punya rumah sendiri baru setelah menikah?

Baru punya rumah sendiri setelah menikah tidak bisa dikatakan sebagai sebuah kesalahan karena waktunya yang tidak tepat.  Karena saat setelah menikah, kamu bisa langsung merencanakannya bersama pasanganmu, mulai dari memilih rumah, survey rumah, persiapan DP dan persiapan lainnya. Kemudian bisa juga kamu patungan dengan pasangan kan jadi lebih meringankan, atau siapa tahu juga dengan menikah dulu kamu jadi bisa punya modal awal untuk DP rumah dari amplop resepsi :P

Selain itu, bila punya rumah sendiri setelah menikah, kamu jadi langsung punya teman untuk tinggal bersama di rumah impian kamu. 😊 Menarik bukan?

Nah sekarang kamu bisa pertimbangin deh mana waktu yang tepat untuk punya rumah sendiri.. Saat Lajang atau sudah menikah yang terpenting kamu mengetahui bagaimana kondisi keuanganmu saat ini dan sudah harus mulai mempersiapkannya dari sekarang! Semakin cepat kamu membeli rumah justru lebih baik untuk masa depanmu kelak.

Lalu, Bagaimana Kondisi Keuangan yang Tepat?

Memiliki keinginan untuk punya rumah sendiri, itu artinya kamu sudah tahu bahwa itu akan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Lalu kondisi keuangan seperti apa yang bisa dikatakan tepat untuk punya rumah sendiri?

Untuk bisa membeli rumah tidak harus memiliki uang banyak, karena saat ini fasilitas KPR bisa kamu jadikan opsi untuk bisa punya rumah sendiri dalam waktu yang singkat. Namun, meskipun demikian ada kondisi yang mesti kamu perhatikan juga bila kamu membeli rumah dengan fasilitas KPR, yaitu kondisi finansial kamu.

Nah, kondisi yang tepat adalah dimana kamu sudah memiliki tabungan yang cukup untuk membayar DP, sekitar 10-30% dari harga rumah. Dan lebih tepat lagi apabila kamu tidak memiliki cicilan lain seperti cicilan kendaraan maupun cicilan lainnya.

Lalu apakah masih mungkin punya rumah sekarang? Apakah membeli rumah sebelum menikah masih bisa dilakukan? Mengingat harga rumah saat ini yang semakin mahal. Tentu saja masih bisa dan sangat memungkinkan! Ada solusi-solusi yang ditawarkan agar seseorang bisa punya rumah sendiri, tanpa perlu menunggu atau mengkhawatirkan dana yang dimiliki.

Baca: Strategi menabung DP

Salah satu solusi ya itu tadi dengan membeli rumah melalui fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Ada banyak fasilitas KPR yang ditawarkan, dan semuanya terlihat memberi keuntungan. Selain itu pihak pengembang juga kerap memberikan promosi yang menarik seperti “DP 20 juta langsung akad”, “Voucher Electronic City dan IKEA sebesar 10 Juta” dan banyak lagi iklan lainnya.

Akan tetapi, waktu yang tepat untuk membeli rumah tidak hanya dilihat dari status ataupun kondisi keuangan saja. Melainkan ada banyak informasi lain yang perlu diperhatikan sebelum kamu memutuskan untuk membeli rumah dengan fasilitas KPR. Oleh karenanya, memiliki informasi lebih banyak mengenai produk KPR yang baik dan tidak membebani dalam masa menyicil, akan sangat membantu dalam membuat keputusan yang tepat untuk membeli rumah. Semoga impian punya rumah sendiri bisa tercapai ya Sobat KPR! 😊

Articles - Menu

Yuk ikutan mailing list KPR Academy

Thank you! Your submission has been received!

Oops! Something went wrong while submitting the form