Kata Motivasi Untuk Keuangan Yang Lebih Baik

Memiliki banyak uang adalah impian setiap orang, namun banyak juga yang terlena hanya pada impian tanpa melakukan apapun. Umumnya ketika orang memiliki uang, ia akan selalu berpikir untuk memakainya untuk keperluan konsumtifnya. Jarang sekali orang yang menjadikan uang tersebut menjadi produktif. Diperlukan perencanaan keuangan agar kamu tau dan bisa membagi keuangan kamu untuk keperluan konsumtif dan produktif.

Yuk simak kata-kata motivasi berikut, yang bisa membuat keuangan kamu menjadi lebih baik.

1.  Jangan belanjakan uang yang belum ada di tanganmu!

“Never spend your money before you have it” – Thomas Jefferson
“Jangan pernah menghabiskan uangmu sebelum kamu memilikinya” – Thomas Jefferson

Terkadang banyak orang yang belum sempat memiliki uang tersebut tapi sudah menghabiskannya. Kok bisa? Yaa misalnya hari-hari menjelang gajian, tertarik pada suatu barang, beli dengan cicilan dengan pemikiran “minggu depan udah gajian ini. Bisa langsung dibayar”

Hal ini boleh saja, asalkan itu memang kebutuhan yang urgent. Tapi kalau itu hanya sekedar keinginan kamu belaka yang ga penting-penting banget alias masih bisa hidup kalo ga punya ya jangan dilakukan.

Jangan sampai kamu menghabiskan uangmu untuk hal-hal yang konsumtif dan tak berfaedah. Kalaupun masih ada sisa dari pendapatan bulan ini yang tidak terpakai, langsung alokasikan ke tabungan jangan malah dihabiskan ya!

2.  Harapan bukanlah rencana keuangan

“Hope is not a financial plan” – Ric Edelman
“Harapan bukan rencana keuangan” – Ric Edelman

Berharap bulan depan bisa lebih berhemat, bukanlah sebuah rencana keuangan. Perencanaan keuangan ya berarti kamu memang benar-benar merencanakan alias mencatat rencanamu secara tertulis.

Misalnya kamu membuat catatan memperkirakan satu bulan ke depan kamu akan menggunakan uangmu untuk apa, apa yang bisa dihemat/ditabung, apakah ada sumber penghasilan lain, itulah perencanaan keuangan. Bukan hanya berharap “ah semoga bulan ini uangku sisa” hmm ya kalo cuma gitu doang dijamin, “harapan bisa hemat” ga akan kejadian.

3.  Kelola keuanganmu atau ia akan meninggalkanmu!

“If you don’t know how to care for money, money will stay away from you” – Robert Kiyosaki
“Jika kamu tidak tahu cara mengelola uangmu, uangmu akan pergi darimu” – Robert Kiyosaki

Perhatikan selalu kondisi keuangan kamu, perhatikan untuk apa saja uang itu kamu pergunakan. Jangan sampai kamu tidak tau atau lupa untuk apa kamu gunakan uang kamu, pasti kamu akan merasa uang itu “melayang” entah ke mana. Karena itu sangatlah penting untuk merencanakan keuangan secara rutin.

4.  Pentingnya Financial Education

“Academic qualifications are important and so is financial education. They’re both important and schools are forgetting one of them” – Robert Kiyosaki
“Pengetahuan akademik adalah penting dan begitu juga pendidikan keuangan. Keduanya penting dan sekolah melupakan salah satunya” – Robert Kiyosaki

Pendidikan akademik memanglah sangat penting, karena kecedasan intelektual memang mesti dibentuk. Namun sering kali sekolah lupa, bahwa pengetahuan tentang keuangan juga sama pentingnya. Karena hal ini akan membantu untuk merencanakan dan mengetahui seberapa pentingnya nilai uang. Efeknya bukan hanya untuk saat ini, tapi juga untuk masa depan.

5.  Cari sumber penghasilan tambahan

“Never depend on single income. Make investment to create a second source” – Warren Buffett
“Jangan pernah bergantung pada penghasilan tunggal. Lakukan investasi untuk membuat sumber kedua” - Warren Buffett

Banyak orang yang merasa tidak cukup atas uang yang dimiliki saat ini, namun mereka hanya mengeluh tanpa mencari solusinya. Hal itu percuma saja dilakukan, nah… jika kamu memang merasa tidak cukup dengan penghasilan kamu saat ini, maka cobalah untuk mengembangkannya agar mendapatkan penghasilan tambahan.

Misalnya gunakanlah uang kamu untuk investasi yang bisa menjadi sumber penghasilan kedua untuk kamu. Saat ini investasi sudah bisa kamu jalankan dengan mudah dengan adanya perusahaan fintech yang memungkinkan kamu berinvestasi dengan nominal yang terjangkau, selain dari alternatif reksadana atau pun saham. Kamu bisa mencoba salah satunya, tapi kamu juga perlu hati-hati dan teliti sebelum memutuskan untuk berinvestasi

6.  Perencanaan keuangan memberitahumu ke mana uangmu akan pergi!

“A financial plan is a way to take all of the money advice you come across and figure out how it applies to your specific financial situation” – Alexa Von Tobel
“Perencanaan keuangan adalah cara untuk mengaplikasikan semua nasihat keuangan yang kamu dapatkan dan mencari tahu bagaimana menerapkannya pada keuangan pribadi kamu” – Alexa Von Tobel

Kamu pasti sering membaca tentang ilmu mengelola keuangan. Saat kamu membuat sebuah rencana keuangan, itu sebenarnya merupakan saat kamu menerapkan pengetahuan itu pada kondisi keuangan kamu sendiri. Dari mana dan ke mana aliran uang akan kamu pergunakan. Dengan adanya perencanaan keuangan, kamu akan lebih bijak menggunakan uang.

7.  Banyak orang membeli sesuatu hanya untuk membuat orang lain terkesan

“Too many people spend money they haven't earned, to buy things they don't want, to impress people they don't like” – Will Rogers
“Banyak orang menghabiskan uang yang belum mereka miliki, untuk membeli barang yang tidak mereka inginkan, untuk membuat terkesan orang yang tidak mereka sukai” – Will Rogers

Gengsi dan cepat bosan, yang sering memicu perilaku di atas. Ini yang sedang terjadi di masyarakat jaman sekarang. Sosial media menjadi tempat orang pamer dan membandingkan diri dengan orang lain. Sering kali kita menghabiskan uang yang belum kita peroleh dengan cara membeli dengan kredit.

Fasilitas paylater memang sangat menggiurkan, walaupun belum tentu kita membutuhkannya. Akhirnya fasilitas itu bisa membuat kita jadi bersikap konsumtif. Sering kali kita menghabiskan uang hanya untuk membuat orang terkesan. Padahal belum tentu juga apa yang kita lakukan berpengaruh terhadap orang tersebut.

Sumber kebahagian bukanlah dari seberapa banyak orang terkesan padamu. Tapi lebih dari rasa bersyukur dari dalam diri sendiri.

Semoga kata-kata motivasi di atas bisa membuat kamu lebih bijak dalam menggunakan uang ya Sob! 😉

Articles - Menu
Tercatat di OJK
No. S-99/MS.72/2019
Member of