Articles

Jangan Nekat Beli Rumah Dekat Kuburan. Alasan Nomor 3 Paling Menjijikan!

Sebagian besar orang menganggap pemakaman sebagai lokasi angker dan menakutkan. Pastinya karena lokasi kuburan ini dianggap sebagai pusat berkumpulnya arwah orang meninggal. Oleh karena itu, jarang pula orang yang mau tinggal di rumah yang dekat dengan kuburan.

Tapi, kalau lokasinya di tengah kota dengan akses yang mudah ke mana-mana, bisa saja kamu jadi tertarik untuk membelinya. Belum lagi dengan tawaran harga yang lebih rendah dibanding lokasi lain dan kemungkinan kecil lingkungan rumah Anda terjadi keributan antar tetangga. Kalau dilihat untuk sekarang ini sih, mungkin terlihat asik-asik aja.

Namun sesungguhnya masalah masalah utama lokasi perumahan dekat kuburan adalah bukan cuma sekedar aura negatif saja. Kalau berpikir lebih panjang lagi di masa depan, ada beberapa alasan sebaiknya tidak membeli rumah dekat kuburan:

Foto oleh Mike dari Pexels

1.  Rumah Lebih Sulit Dijual

Pasti sulit menemukan orang yang mau membeli rumah di lokasi yang seperti itu. Kalaupun kamu menemukan orang yang mau beli, bisa jadi ia akan menawarnya dengan harga yang relatif murah. Nah kalo sudah begitu kan repot juga kan? Apalagi kalo misalnya niat awalnya buat investasi, bukannya untung tapi malah buntung!

2.  Sulit Mendapatkan Pembiayaan KPR dari Bank

KPR merupakan salah satu alternative untuk pembiayaan KPR, sebelum pengajuan KPR kamu di approve pasti pihak bank terlebih dahulu akan melakukan survei terhadap rumah pilihan kamu. Nah umumnya jika lokasi rumah kamu dekat dengan kuburan, pihak bank akan langsung menolak. Alasan utamanya bila terjadi kredit macet, rumah tersebut akan sulit untuk di jual. Dalam case tertentu bisa saja pihak bank menerima jaminan rumah tersebut, namun biasanya nilainya sudah disesuaikan menjadi lebih rendah.

Well, umumnya pihak bank akan memilih aman daripada ia harus menanggung kerugian di kemudian hari.

3. Sumber Air Kurang Sehat

Akibat ke-3 ini adalah yang paling bikin merinding, sumber air tanah yang kurang sehat. Kamu pasti tau kalau air juga merupakan salah satu kebutuhan utama bagi kita, untuk minum, mandi, bersih-bersih dan lain-lain.

Lokasi rumah yang dekat kuburan cenderung memiliki kondisi air yang kurang sehat, dikarenakan air tanah sudah tercampur oleh campuran zat kimia dan cairan dari mayat-mayat yang sudah membusuk dari waktu ke waktu.

So, kalau memang kamu beli rumah di lokasi yang dekat kuburan, ada baiknya kamu menggunakan air yang sumbernya terjamin seperti PAM.

4. Terkenal angker dan mengerikan

Rumah dekat kuburan identik dengan angker dan mengerikan. Mungkin sebagian orang akan menjadi enggan untuk singgah di rumah tersebut, apalagi kalau malam tiba.

Buat kamu yang penakut jangan coba-coba untuk beli rumah dekat kuburan deh daripada setiap hari kamu merasa ketakutan dan berpikir terus menerus soal makhluk gaib. Hal tersebut bisa berpengaruh untuk kesehatan kamu secara psikologis.

5. Rumah Memancarkan Energi Negatif

Selain identik dengan angker, menurut feng shui rumah dekat kuburan dipercaya memancarkan energi negatif. Energi negatif tersebut di percaya memiliki pengaruh buruk dan bisa mengganggu ketentraman penghuninya. Sehingga kondisi ini sangat perlu dijadikan sebagai pertimbangan.

So, kalau kamu mau beli rumah dekat kuburan mesti banyak yang kamu pertimbangkan ya Sob. Yang jelas, sebelum memutuskan membeli rumah pastikan kamu melakukan survey ke lokasi.

Apa saja yang harus kamu lakukan saat survey rumah selain mengecek apakah lokasinya dekat kuburan atau tidak, baca artikel selanjutnya.

Baca juga: 7 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Survey Rumah

Articles - Menu

Yuk ikutan mailing list KPR Academy

Thank you! Your submission has been received!

Oops! Something went wrong while submitting the form