Articles

Ide Resolusi 2020 !

Beberapa hari di 2020 sudah berjalan, apakah kamu sudah membuat resolusi tahun ini?Apabila belum, belum terlambat loh untuk kembali melihat perjalanan hidup selama 2019, lebih tepatnya kamu bisa mengevaluasi diri apa saja hal baik yang harus ditingkatkan dan hal buruk yang harus ditinggalkan. Lalu apa kabar resolusi 2019 yang kamu buat? Sudah berapa persen yang tercapai dan apa penyebab resolusi yang tidak tercapai.

Biasanya ada 3 golongan dalam urusan resolusi ini. Golongan pertama, mereka yang bisa mempertanggung jawabkan progress setiap poin resolusinya. Golongan kedua adalah mereka yang menyerah di tengah jalan karena target yang mereka tentukan terlalu tinggi atau banyaknya rintangan menyurutkan semangat mereka. Nah, golongan ketiga yang biasanya paling banyak, yaitu golongan yang lupa apa resolusinya hanya setelah lewat 2 minggu dari tahun baru. Mungkin buat resolusi demi konten sosial media. Kamu termasuk golongan yang mana?

Membuat target yang tinggi tidak salah, tapi harus disertai dengan rencana-rencana cara pencapaiannya. Tapi jangan sampai juga kamu tidak membuat resolusi apapun. Resolusi tidak harus sesuatu yang terlihat “besar” dan “wah”, mulailah dari hal-hal kecil yang bisa diterapkan sehari-hari tapi jangan juga melupakan impian kamu yang harus tetap dibangun. Percayalah, semua soal kebiasaan. Biasakan diri melakukan hal-hal baik di awal tahun dan selalu ingat untuk terus memelihara komitmen.

Buat kamu yang belum punya ide untuk resolusi 2020, KPR Academy akan kasih kamu ide:

1.  Mengatur pola hidup sehat

Mens sana in corpore sano - di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Kita pasti sering mendengar pepatah ini. Mengatur pola hidup sehat bisa mendatangkan banyak manfaat, seperti memperbaiki suasana hati, mengurangi tingkat stres, mencegah timbulnya beragam penyakit, meningkatkan energi dan menghindari kelebihan berat badan.

Nah kamu bisa memulainya dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan seperti:

-  Mengatur pola makan, seperti makan teratur, rajin makan sayuran, buah-buahan, menghindari makanan junk food maupun       minuman beralkohol.  
-    Rutin berolahraga, bisa kamu lakukan setidaknya 10-15 menit dalam sehari.
-    Perbanyak minum air putih dan gosok gigi secara teratur.     
-    Menghindari rokok.
-    Tidur dengan cukup. Untuk usia dewasa muda (18-25 tahun) waktu tidur yang direkomendasikan adalah 7-9 jam.

Dengan menjalani poin di atas, dijamin kualitas hidupmu akan lebih baik dan untuk kamu yang memiliki resolusi untuk diet alias ingin kurus, kamu juga bisa nih memulainya dengan menerapkan pola hidup sehat ini.

2. Cerdas mengatur keuangan

Kalau tahun sebelumnya kamu belum bisa mengkondisikan keuanganmu dengan baik, maka mulailah sekarang untuk membuat rencana keuangan . Bagaimana caranya?

- Mengatur arus kas. Hal ini dimulai dari membuat anggaran bulanan, mencatat pengeluaran dan pemasukan harian dan     usahakan  untuk taat pada anggaran yang sudah kamu buat.
-  Mengatur utang. Maksudnya adalah merencanakan bagaimana melunasi hutang. Dimulai dari membuat list hutang konsumtif     (kebutuhan pribadi) dan hutang produktif (pembelian aset).
- Menyediakan dana darurat. Ahli keuangan menyarankan masyarakat untuk mempersiapkan dana darurat sebesar minimal     enam kali biaya bulanan.
- Menyiapkan asuransi. Asuransi yang paling dasar dibutuhkan adalah asuransi kesehatan, hal ini karena biaya kesehatan     semakin naik saat ini.

3. Belajar 1 hal yang sama sekali baru

Tingkatkan kualitas bekerjamu dengan belajar hal-hal baru yang bisa menambah skill. Tidak pernah ada kata terlambat untuk belajar dan melanjutkan pendidikan. Tidak harus pendidikan formal, kamu bisa mencoba mengikuti kursus apa saja sesuai hobi, mimpi dan keinginan kamu.

Intinya jangan malas untuk mempelajari hal baru, terutama di bidang teknologi yang saat ini semakin maju. Bisa jadi, hal ini secara tidak langsung membantu performa kerjamu dikantor sehingga karirmu pun bisa semakin cemerlang.

4. Travelling ke tempat baru untuk mencari inspirasi

Rutinitas sehari-hari di rumah atau di kantor mungkin bisa membuatmu penat, pusing dan stress. Nah untuk itu, aturlah jadwal untuk bisa berlibur ke tempat-tempat baru yang bisa membuatmu senang dan fresh. Ajaklah teman atau keluarga agar liburanmu semakin lengkap. Jangan lupa untuk membuat perencanaan biayanya dengan cara berikut:

1. Anggaran kebutuhan dasar. Yang termasuk dalam pos ini adalah biaya wajib seperti pilihan moda transportasi dari tempat       asal ke tempat tujuan, transportasi lokal, akomodasi, biaya konsumsi, asuransi perjalanan.
2. Kebutuhan tambahan seperti tiket masuk obyek wisata, hiburan pertunjukan lokal, pembelian sovenir.
3. Dana tidak terduga. Kemungkinan rencana kamu gagal karena satu dan lain hal bisa saja terjadi mungkin karena cuaca,       kondisi keamanan dll, karena itu jangan lupa siapkan pos biaya ini.

5.  Punya Rumah

Bisa memiliki rumah sendiri pasti merupakan impian setiap orang, namun harga yang meroket membuat orang justru mengesampingkannya karena dirasa tidak mungkin memiliki rumah. Tepis pemikiran itu! Kamu pasti bisa punya rumah kalau kamu memiliki niat dan tekad yang sungguh-sungguh.

Mulailah menyisihkan uang setiap bulannya secara rutin yang kamu alokasikan khusus untuk membeli rumah. Terutama untuk kamu para milenial, mumpung usia masih muda jadikan rumah sebagai salah satu resolusi yang harus kamu capai! Kenapa harus sekarang? Mumpung kebutuhanmu masih belum terlalu banyak!

Baca juga : Strategi Nabung DP

Itu dia 5 ide untuk resolusi tahun baru 2020 yang bisa kamu terapkan, yang terpenting lakukan semuanya dengan rutin agar kamu menjadi terbiasa dan lebih mudah mencapainya. Lakukan semuanya secara bertahap dan catat setiap progress yang kamu lakukan. Jangan lupa juga untuk share resolusi kamu ke keluarga atau sahabat yang kamu percaya, tujuannya agar mereka membantumu untuk mencapai semua targetmu itu!

Semoga bermanfaat dan semoga sukses melaksanakan semua resolusimu tahun ini! 😊

Articles - Menu

Yuk ikutan mailing list KPR Academy

Thank you! Your submission has been received!

Oops! Something went wrong while submitting the form