Articles

Harbolnas, Jangan Sampai Dompet Ngenes! Ikuti Tips Cerdasnya

Harbolnas sebentar lagi nih! Siapa yang udah bikin list belanjaan di semua situs belanja online? Jadi hari H tinggal klik “beli”. Siapa di sini yang ga suka belanja? Sekarang ini, berbelanja tidak lagi dikuasai kaum perempuan saja, tapi kaum pria pun bisa keranjingan belanja. Apalagi dengan adanya situs belanja online, semua orang bisa mencari barang apapun dan ditambah diskon harbolnas.

Ada yang bilang belanja juga bisa bikin mood seseorang menjadi lebih baik. Tapi siapa sangka juga ada yang merasa setelah belanja menjadi sakit kepala karena tanpa sadar dompet jebol karena terlena sama diskon! Tiba-tiba baru ingat kalau harbolnas hanya 1 hari, masih ada sisa 28 hari lagi untuk melanjutkan hidup dari uang yang tersisa dari belanja.

Belanja boleh saja dilakukan, karena memang itu adalah hal yang mutlak. Namun kamu tetap harus memperhatikan kondisi keuangan kamu ya! Apalagi kalo kamu punya cicilan kredit seperti motor, mobil atau rumah, kamu harus benar-benar bisa mengalokasikan uangmu dengan bijak agar cicilan kamu tidak terganggu.

Berikut tips belanja cerdas Harbolnas agar keuanganmu tetap aman!

1. Beli barang sesuai kebutuhan, bukan keinginan
Tips pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui dan bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Buatlah daftar belanjaan mulai dari yang terpenting sampai yang kebutuhan yang kurang penting atau yang masih bisa ditunda. Tujuan dari daftar belanja tersebut adalah supaya kamu tahu dan bisa terhindar dari membeli barang yang tidak perlu.

Setelah membuat daftar belanja, pastikan bahwa kamu juga harus bisa disiplin terhadap daftar yang sudah kamu buat. Kalaupun kamu harus membeli barang di luar yang ada di dalam daftar belanjamu, kamu harus memastikan dulu bahwa semua barang utama yang sudah kamu list sudah kamu beli, baru kamu bisa membeli barang lain. Tapi tetap kamu harus memikirnya dengan baik apakah kamu benar-benar membutuhkannya atau tidak.

2. Biasakan belanja tunai (Hindari Hutang)

Tips yang kedua ini kami menyarankan kamu untuk membiasakan belanja dengan membayar cash. Karena jika kamu belanja menggunakan kartu kredit cenderung membuat kamu bisa belanja lebih alias jadi menambah belanjaan di luar barang yang ada dalam daftar belanjaanmu karena secara tidak sadar kamu akan membandingkan jumlah belanjaanmu dengan sisa limit di kartu kredit. Apalagi ditambah dengan  cashback, program cicilan dll, bisa merangsang kamu menjadi impulsif dan konsumtif. Kenapa susah menahan diri kalau belanja dengan kartu kredit? Karena secara psikologis, rasa “sakit” saat uang tunai di tabungan berkurang tidak terasa kalau kamu belanja dengan kartu kredit. “Sakit”nya baru belakangan, saat lihat tagihan.

Nah kalau kamu belanja menggunakan cash, kamubisa langsung menghitung bahwa nominal tersebut terpotong dari tabunganmu. Tujuannya agar kamu bisa fokus untuk membeli barang yang benar kamu butuhkan.
3. Manfaatkan Diskon

Kenapa tips ini diletakkan paling belakang? Artinya, laksanakan dulu 2 tips pertama baru lanjut dengan tips terakhir ini. Jangan dibalik ya! Karena kalau dibalik, bukannya hemat, kamu malah bisa jadi belanja yang ga penting hanya karena tergiur tawaran diskon!

Belanja akan menjadi lebih hemat kalo kamu bisa mendapatkan diskon atau voucher belanja. Tapi sebelum tergiur dengan diskon, kamu harus memastikan terlebih dahulu kalo harga tersebut memang menjadi lebih murah alias benar ada potongan harga.

Rajin-rajin membandingkan harga dari satu situs ke situs lainnya. Banyak toko online yang memainkan harga, seakan memberi diskon besar tapi padahal ia menaikkan harga terlebih dahulu sebelumnya sehingga harga ya menjadi sama saja. Bisa juga terjadi toko yang sama memberi harga berbeda untuk situs online yang berbeda untuk barang yang sama.

Jadi kamu harus teliti dulu sebelum membeli. Selamat berbelanja Sob!

Articles - Menu

Yuk ikutan mailing list KPR Academy

Thank you! Your submission has been received!

Oops! Something went wrong while submitting the form