Beli Rumah KPR dengan DP Kecil Lebih Menguntungkan?

Membeli properti dengan KPR sekarang ini menjadi pilihan banyak masyarakat terutama di kota besar, karena harga properti yang semakin mahal. Saat hendak membeli rumah dengan fasilitas KPR pasti akan dibutuhkan banyak biaya KPR, mulai dari booking fee, biaya administrasi, Down Payment (DP) dan biaya lainnya.

Banyak sekali bank maupun developer yang menawarkan keringanan untuk membeli rumah, seperti free biaya provisi, free biaya admininstrasi hingga mereka pun berlomba-lomba untuk memberikan syarat DP seminimal mungkin.

Namun yang jadi pertanyaan adalah apakah membeli rumah dengan DP kecil merupakan keputusan yang benar? Bicara soal benar atau tidak benar adalah hal yang relatif. Pertimbangkan hal-hal di bawah ini sebelum memilih membeli rumah dengan DP kecil.

1. Pengaruhnya terhadap mindset

Salah satu kelebihan membeli rumah dengan DP kecil memang sangat membantu bagi masyarakat yang memiliki dana pas-pasan, karena dengan opsi ini, siapapun tetap memiliki peluang untuk membeli properti dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Tapi besar kecilnya DP yang kamu berikan akan mempengaruhi rasa tanggung jawab kamu. Semakin besar DP yang kamu serahkan, maka semakin besar pula rasa tanggung jawab kamu terhadap pinjaman yang dimiliki. Misalnya kamu memberikan DP yang kecil untuk membeli rumah, di alam bawah sadar, kamu akan berpikir bahwa biaya yang sudah dikeluarkan tidak terlalu besar, maka ada kemungkinan kamu jadi menyepelekan hal kecil yang memiliki dampak besar untuk keuanganmu. Niat yang semula ingin investasi malah jadi rugi, karena kamu menelantarkannya.

Bagi kamu yang ingin membeli rumah untuk investasi, jangan hanya karena iming-iming DP kecil langsung beli. Tapi pertimbangkan kemampuan kamu melanjutkan membayar biaya-biaya setelah melunasi DP.

2. Pengaruh terhadap besarnya bunga yang kamu bayarkan kepada bank

Besarnya kecilnya DP juga akan menentukan besar kecilnya bunga yang harus kamu bayarkan kepada bank. Apabila DP kecil, otomatis cicilan per bulannya menjadi lebih besar dengan waktu yang lebih panjang. Jumlah sisa utang yang masih cukup besar akan dikenakan bunga pinjaman, sehingga bunga yang harus dibayarkan otomatis menjadi lebih besar.

3. Berpengaruh terhadap besarnya angsuran setiap bulan

Pengaruh ketiga dari jumlah besaran DP adalah besar kecilnya angsuran yang harus kamu bayarkan setiap bulannya. Semakin besar DP maka otomatis angsuranmu menjadi lebih ringan, dan sebaliknya bila kamu memberikan DP lebih kecil maka angsuran yang diberikan pun semakin besar. Poin ini juga berhubungan dengan poin ke 2 tadi, di mana besaran bunga yang harus kamu bayarkan jadi cukup besar juga.

Itulah 3 hal penting yang harus dipertimbangkan saat kamu akan memilih skema pembayaran properti, lebih jeli dengan detail hitung-hitungannya dan jangan menjadi pembeli yang impulsif. Hanya karena kamu sudah suka terhadap 1 properti, langsung buru-buru memberikan DP.Berapa uang yang tersedia saat ini?

Berapa cicilan yang sanggup dibayarkan? Semua keputusanmu tentang besaran DP ini, pasti mempengaruhi kondisi keuanganmu. Satu hal yang harus diingat, membeli properti untuk ditinggali ataupun investasi sama-sama membutuhkan komitmen jangka panjang.

Articles - Menu
Tercatat di OJK
No. S-99/MS.72/2019
Member of