Articles

Strategi Nabung DP

        
          Saat kita mau membeli rumah, biasanya yang menjadi halangan terbesarnya adalah persiapan dana untuk membayar DP / uang muka. Hal ini sangat umum terjadi, karena bukan hal yang mudah untuk dapat konsisten mengalokasikan dana secara rutin dan tidak tergoda untuk menggunakannya.

          Ada seorang teman yang sebenarnya sudah sangat rajin untuk menabung DP rumah. Suatu hari di saat sedang ada waktu luang beliau pergi mengunjungi sebuah pameran mobil. Rupanya dia tidak tahan godaan dan beliau akhirnya malah jadi beli mobil baru, padahal mobilnya yang ia gunakan saat ini juga masih belum terbilang “tua”.

           Belajar dari pengalaman rekan tersebut, ada baiknya kita menjalankan strategi untuk nabung DP. Dalam perjalanan memiliki rumah melalui KPR, selain ada bagian-bagian penting yang perlu kita lakukan, ada juga hal-hal yang perlu dihindari. Secara sederhana, hal yang perlu dilakukan itu berkaitan dengan mengalokasikan dana secara rutin untuk bisa menabung DP dan yang perlu dihindari adalah hal-hal yang mungkin saja menggoda kita. Misalnya seperti promosi khusus potongan harga mobil, atau bisa juga hal simple seperti promo diskon mobile phone, atau program cicilan 0% selama periode waktu tertentu.

          Dalam hal menabung DP, besaran alokasi dana per bulan menjadi penting bagi kita, karena itu berkaitan langsung dengan seberapa cepat kita bisa membeli rumah. Strategi yang sering disarankan adalah dengan mengelola rekening khusus untuk menampung dana alokasi DP tersebut dan dilanjutkan dengan mencoba membuat target alokasi dana dengan nominal tertentu dari penghasilan kita dan setiap kali kita gajian (memperoleh penghasilan), maka besaran nominal tersebut segera kita pindahkan dari rekening yang biasa kita akses untuk melakukan transaksi. Berapa % sih idealnya ? Hm... bisa 10%, bisa 20% atau bahkan bisa 50%, semuanya tergantung dari seberapa nyaman kita dengan biaya hidup yang bisa kita jalani. Tentunya bila kita mengejar gaya hidup yang nyaman, belum tentu kita bisa mencapai tujuan kita dalam membeli rumah. Di sisi lain, bila kita mengejar supaya cepat bisa beli rumah dan benar-benar menjalani gaya hidup yang sangat hemat... bisa jadi kita sangat tersiksa dalam menjalaninya dan mungkin saja suatu ketika kita akan merasa muak dan mau keluar dari program menabung DP yang kita canangkan.

           Menjadi seimbang adalah kuncinya, karena bila kita tidak dapat menikmati hidup atau terlalu menikmati hidup, maka jalan menuju rumah impian pun akan menjadi sulit. Belajar untuk menjalani pola keuangan yang stabil (menabung DP sambil tetap menikmati hidup) sangatlah penting, karena disaat kita membeli rumah dengan menggunakan KPR, maka konsistensi kita dalam membayar angsuran akan menjadi faktor utama penentu kenyamanan hidup kita.

          Akan menjadi sangat baik bila kita telah membiasakan diri mengalokasikan dana untuk menabung DP, sehingga kita telah terbiasa saat ke depannya kita dituntut untuk konsisten membayar cicilan KPR.

Jadi, buatlah target yang jelas dan realistis, jalani disiplin menabung DP dengan konsisten dan tetaplah menikmati hidup.

Yuk ikutan mailing list KPR Academy

Thank you! Your submission has been received!

Oops! Something went wrong while submitting the form