Articles

3 Faktor yang Harus Kamu Perhatikan Saat Survei Rumah!

Menemukan rumah yang cocok untuk tempat tinggal pasti tidak mudah dan diperlukan waktu yang tidak sebentar pula. Bila terlalu terburu-buru, bisa saja kamu jadi kurang memperhatikan kondisi rumah dan sekitarnya.

Tidak sedikit pula yang mengeluhkan penyesalannya setelah membeli rumah yang ia pilih. Penyesalan tersebut dikarenakan oleh beberapa faktor, misalnya pembeli tidak tahu kalau ru-mah yang ia beli merupakan lokasi yang sering terkena banjir di saat musim hujan tiba atau adapula yang merasa tertipu oleh penjual karena ternyata rumah yang dibeli memiliki spesifikasi yang di bawah standar dan memerlukan renovasi yang tidak sedikit.

Hal tersebut tentunya akan membuat kamu sebagai pembeli menyesal bukan? Penyesalan tidak akan bisa mengubahnya, maka dari itu kamu harus mengantisipasinya terlebih dahulu. Hal-hal buruk tersebut tentunya tidak akan terjadi bila kamu sebelumnya sudah melakukan survei lang-sung ke lokasi rumah.

Survei rumah merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan saat kamu hendak membeli ru-mah, dengan tujuan agar mengetahui kondisi sebenarnya dari rumah yang akan kamu tinggali nantinya. Survei tidak hanya berfokus pada kondisi rumah saja, tapi perlu diperhatikan juga lo-kasi disekitarnya.

Survei rumah sangat penting sekali untuk dilakukan, tidak hanya berlaku untuk pembelian ru-mah bekas saja melainkan juga berlaku untuk pembelian rumah baru. Biasanya penjual tidak menyebutkan kekurangan yang ada pada rumah karena ditakutkan harga menjadi rendah. Maka dari itu, saat melakukan survei rumah kamu sebagai calon pembeli lah yang harus kritis menanyakan dan memperhatikan langsung kondisi rumah yang akan kamu beli.

Survei yang dilakukan pun tidak hanya sekadar survei, kamu juga perlu tahu apa saja hal yang mesti kamu perhatikan saat survei rumah. Berikut 3 faktor penting yang kamu perhatikan saat survei rumah!

  1. Faktor Eksternal

Faktor pertama yang harus diperhatikan saat melakukan survei rumah adalah faktor ekster-nal. Apa sih yang dimaksud faktor eksternal? Faktor eksternal yang dimaksud adalah faktor yang tidak berkaitan langsung dengan kondisi rumah melainkan faktor di luar rumah itu.

Checklist Kebutuhan Kamu

Checklist apa saja yang kamu butuhkan untuk sebuah hunian. Ingat ya, list-nya yang sesuai dengan kebutuhan, jangan keinginan. Kesampingkan dulu gengsi untuk membeli tempat tinggal yang harus besar, agar keuangan kamu tetap sehat. Ini list kebutuhan yang harus kamu perhatikan saat survei rumah, yaitu:

  • Lokasi hunian yang diinginkan apakah harus di tengah kota atau tidak masalah bila agak di pinggir kota.
  • Tipe rumah, tipe rumah ini bervariasi. Yang paling umum ada di Indonesia mulai dari tipe 21 sampai tipe 60. Tipe rumah tentunya berhubungan dengan seberapa luas ru-mah yang kamu butuhkan.
  • Luas rumah tadi akan berhubungan dengan berapa jumlah kamar yang dibutuhkan. Kebutuhan jumlah kamar untuk kamu yang single dengan yang sudah berkeluarga pasti berbeda.
  • Butuh garasi mobil atau carport saja cukup.
  • Besar taman. Memang tidak semua orang menganggap penting sebuah taman, tapi keberadaan taman yang cantik bisa menambah keasrian tempat tinggal kamu.
  • Apakah bisa direnovasi atau tidak. Ini penting untuk kamu yang sedang mempersiap-kan rumah untuk keluarga di masa depan.

Lokasi Rumah

Selain checklist kebutuhan, lokasi merupakan hal penting yang harus diperhatikan saat survei rumah, karena faktor ini akan mempengaruhi akses perjalanan dan mempengaruhi harga rumah. Kamu harus memastikan bahwa lokasi rumah yang kamu pilih mudah dijangkau dan bukan lokasi yang rawan bajir.

Kalau kamu tidak memiliki kendaraaan pribadi atau belum terpikirkan untuk memiliki maka ada baiknya kamu mencari lokasi rumah yang dekat dengan transportasi umum. Namun bila kamu memiliki kendaraan pribadi, pastikan lokasi yang kamu pilih terhindar dari macet, atau memiliki beberapa alternatif jalan untuk menghindari macet.

Keadaan sekitar lokasi atau rumah

Hal ini menjadi penting kamu perhatikan waktu survei rumah karena ketika kamu menempatinya kondisi lingkungan sekitar yang akan menemani hari-harimu selama ting-gal di sana. Keadaan sekitar yang mesti kamu perhatikan saat survei rumah yaitu:

  • Apakah dekat sungai besar, yang mungkin bisa berdampak banjir ketika musim hu-jan tiba. Pastikan lokasi rumah kamu terhindar dari banjir atau dampak banjir.
  • Dekat TPA (Tempat Pembuangan Akhir), ketika musim hujan ataupun angin musim kemarau bisa menimbulkan bau yang tidak sedap hingga radius yang cukup jauh.
  • Pastikan daerah sekitar aman dari kejahatan seperti seringnya terjadi perampokan, tawuran, dll.
  • Fasilitas sekitar rumah, apakah lokasi rumah dekat dengan fasilitas umum seperti rumah sakit, sekolah, taman, pusat kebugaran, pusat perbelanjaan seperti pasar, atau lainnya.
  1. Faktor Internal

Faktor kedua yang harus kamu perhatikan saat survei rumah adalah faktor internal yang berkaitan langsung dengan rumah itu sendiri. Hal yang harus diperhatikan saat survei rumah yaitu.

Spesifikasi bangunan, sesuai atau tidak dengan brosur atau janji yang disampaikan oleh pihak developer.

Kesesuaian harga dengan kondisi rumah, misalnya letak lokasi yang strategis biasanya akan memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan rumah yang agak minggir ke pelosok.

Skema pembayaran, pastikan hal ini sesuai dengan kondisi keuangan kamu ya! Jangan sampai demi mendapatkan hunian yang kamu inginkan, cash flow kamu malah jadi berantakan.

Kesehatan rumah, seperti:

  • Ketersediaan air bersih
  • Ventilasi udara cukup nyaman, akses cahaya matahari bisa masuk dan cukup
  • Memiliki sistem drainase atau pembuangan yang baik dan tidak menimbulkan bau. Hal ini berdampak pada kenyamanan kamu sendiri sebagai penghuninya.
  • Lingkungan sekitar tidak kumuh dan terjaga kebersihannya.

Baca juga: 6 Cara Jitu Ciptakan Rumah Sehat

  1. Faktor Potensi di Masa Depan

Selain faktor eksternal dan internal ada juga faktor lain yang tak kalah penting saat kamu melakukan survei rumah yaitu melihat potensi perubahan di masa depan.

Rumah adalah investasi jangka panjang, sehingga ketika kamu mau membelinya, kamu harus bisa membayangkan apa yang kira-kira akan kamu lakukan pada rumah tersebut dalam beberapa waktu ke depan, Berikut yang mesti kamu pikirkan sebelum memutuskan membeli rumah pilihan kamu!

  • Apakah kamu akan menjual rumah dan membeli di tempat lain?
  • Apakah kamu berniat merawat rumahmu seumur hidup sampai anak cucu?
  • Apakah sekitarmu akan dibangun infrastruktur baru? Adanya pembangunan infrastruktur memiliki dampak baik dan juga buruk. Baiknya adalah akses perjalanan akan semakin menjadi lebih mudah namun buruknya adalah lingkungan sekitar rumah kamu menjadi berisik dan macet.

Jadi, saat kamu sudah mendapatkan calon rumah yang kamu inginkan, pastikan untuk sempat-kan diri mensurvei rumah tersebut , tidak hanya survei rumah melainkan juga survei kondisi lo-kasi disekitarnya! Jangan langsung percaya pada sales, tetapi kamu juga harus menjadi pembeli yang bijak!

Semangat survei rumah Sobat KPR! 😉

Articles - Menu

Yuk ikutan mailing list KPR Academy

Thank you! Your submission has been received!

Oops! Something went wrong while submitting the form